yay!

Kamis, 25 Februari 2010

Majunya Teknologi di era globalisasi (Tugas 2)

Pertumbuhan penduduk dan perencanaan kota adalah fokus dari aktivitas pembelajaran berbasis teknologi studi sosial di grade 9 sampai 12. Pertumbuhan populasi dunia adalah isu global, terutama di kota-kota besar. Aktivitas ini menantang murid untuk mencari sumber online dan sumber lain untuk mendeskripsikan dilema populasi dunia nyata. Untuk mengevaluasi keahlian dan sikap teknologi anda, lengkapi Self-Assesment . Oleh karena itu , dewasa ini , teknologi sangat penting untuk pendidikan . Teknologi membawa beberapa isu social . Misalnya , akankah penggunaan teknologi disekolah , terutama computer , akan memperlebar jurang perbedaan antara murid kaya dan miskin , atau antara pria dan wanita ? Problem akses computer dan pemanfaatannya juga diperparah karena makin banyaknya computer dirumah keluarga menengah keatas. Komputer sering dipakai untuk aktivitas yang berbeda dikelompok sosialkultural yang berbeda.

A. E-Learning (Electronic Learning)
E-Learning adalah metode pembelajaran baik yang dilakukan secara formal maupun informal melalui media elektronik. E-learning dapat dilakukan dari jarak jauh . E-learning sangat berkaitan dengan komputer dan internet . E-learning tidak membatasi jarak . Kita dapat menggunakan e-learning kapan saja dan dimana saja .

B. Ubiquitous Computting
Beberapa pakar computer percaya bahwa generasi computer berikutnya – generasi ketiga – akan berupa Ubiquitous Computing , yang menekankan pada distribusi computer kelingkungan, ketimbang kepersonal. Dalam lingkungan ini, teknologi akan menjadi latar belakang . Ringkasnya , ubiquitous computing akan berupa dunia pasca-PC. Perangkat teknologi umum- seperti telepon dan perangkat elektronik lainnya- akan terkoneksi dengan internet dan pengguna mungkin tidak menyadari perangkat mana dilingkungannya yang terkoneksi .Perangkat computer baru yang kecil , portable , mobile , dan murah , diperkirakan akan menggantikan computer desktop . Ubiquitous adalah kebalikan dari realitas virtual . Jika realitas virtual menempatkan orang didalam dunia yang diciptakan computer, ubiquitous computing akan memaksa computer eksis didunia manusia .

C. Keunggulan Ubiquitous Computing
Mungkin untuk membayangkan bahwa perangkat computer baru ini mungkin lebih cocok untuk pendidikan ketimbang computer personal ( Center for Innovative Learning Technologies, 2001). Perangkat baru ini dapat disediakan kepada lebih banyak murid ketimbang dikomputer desktop . Perangkat baru ini , dipasangkan dengan jaringan murah , dapat memampukan murid untuk membawa perangkat informasi personal kelapangan untuk membantu mengerjakan suatu tugas dan bias dibawa pulang . Mereka bias meningkatkan kolaborasi dan memudahkan penggunaan tanpa dibatasi lokasi .

Referensi
1. Santrock., J. W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group
2. Munir., (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

1 komentar: