yay!

Kamis, 11 Februari 2010

Banyak pelajar lebih suka untuk memba­­jak karya orang dari internet daripada mengerjakan sendiri dengan mencari dari berbagai sumber; tugas 1

A. Teknologi dan Pendidikan

Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan sehingga selalu dibahas dalam setiap materi . Para pelajar dewasa ini tumbuh didunia yang jauh berbeda dengan di masa ketika orang tua dan kakek mereka masih menjadi murid . Jika para pelajar ingin siap kerja , teknologi harus menjadi bagian integral dari sekolah dan pelajaran dikelas . Dengan demikian mereka bisa lebih berkarya dan mendapat informasi yang lebih luas . Teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama beberapa dekade , tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban. Dan , makin banyak universitas yang mewajibkan mahasiswa tingkat pertama membeli komputer laptop . Sebuah survei yang dilakukan oleh Office of Technology Assessment (1995) menemukan bahwa mayoritas guru tidak akrab dengan komputer . Komputer masih sering dipakai untuk kegiatan yang biasa bukan untuk pembelajaran yang konstruktif dan aktif . Banyak guru tidak memiliki pengetahuan memadai dalam menggunakan komputer, dan banyak sekolah tidak menyediakan workshop atau pelatihan yang dibutuhkan .Kenyataan ini berarti bahwa pembelajaran disekolah belum direvolusionerkan secara teknologis.

B. Pentingnya Internet dan Teknologi

Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer . Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia , menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses para peajar . Dalam banyak kasus , internet mengandung informasi yang lebih baru ketimbang buku teks . Internet adalah alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang disebut Cooperative Networked Educational Community of Tomorrow (Co-NECT) . Jika dipakai secara efektif , internet bisa memperluas akses kepengetahuan dan orang di seluruh dunia . Jika anda tidak tahu cara mengakses internet , pelajari keahlian ini sesegera mungkin dikomputer anda .

C. Pengalaman pribadi saya berkaitan dengan hal tentang mengapa banyak pelajar yang suka membajak karya orang lain

Internet mempunyai dampak positif dan negatif . Dengan banyaknya sumber dari internet , para pelajar menjadi malas untuk mencari dari sumber-sumber lain . Padahal seharusnya , sebagai pelajar yang baik kita harusnya aktif dan tidak hanya terpaku pada 1 sumber saja . Banyak sumber-sumber lain yang dapat di gali seperti dari media cetak dan media elektronik. Begitu juga dengan saya , ketika saya merasa topik yang saya cari begitu susah atau tidak gampang untuk dibahas maka keinginan untuk meng-copy paste karya orang mulai muncul dibenak saya . Akhirnya , ketika saya kehabisan ide dan merasa buntu , saya membajak karya orang lain . Saya dapat dikatakan juga sebagai plagiat . Tetapi itulah karna canggihnya teknologi zaman sekarang . Sehingga ketika para pengajar memberi kan suatu tugas , maka pelajar semakin menganggap enteng . Oleh karena itu , baiklah jika pengajar membatasi dan meneliti karya pelajar nya .

D. Cara agar mengurangi pembajakan karya orang lain

· Kita tidak boleh meniru bulat-bulat , tetapi harus mengedit dengan kata-kata kita sendiri

· Para pengajar harus mengetahui dan memberi batas-batas kepada pelajar agar tidak terjadi pembajakan karya .

· Kita harus merasa , bagaimana jika karya kita dibajak oleh orang lain , sehingga kita bisa sadar bahwa plagiarism dapat merugikan diri sendiri dan orang lain .

· Kita sebagai pelajar yang baik dan aktif harus lebih banyak mencari dan berekspresi tanpa membajak karya orang lain yang membuat kita menjadi orang yang kaku atau tidak berwawasan luas .


Daftar Pustaka

Santrock,John W.2004.Psikologi Pendidikan.Kencana.Jakarta

Munir.2008.Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Alfabeta.Bandung


11 Februari 2010

Serefhy Meilani Silaen

091 301 081

Tidak ada komentar:

Posting Komentar