yay!

Rabu, 26 September 2012


Tabel 1.2 halaman 13
Fungsi umum teori belajar
1.     Sebagai kerangka riset
Cth: social learning theory bandura menjadi basis utama untuk kerangka riset perilaku anak agresif
2.     Memberikan kerangka organisasi untuk item informasi
Cth : teori kognitif piaget menjelaskan mengapa pengetahuan seseorang berbeda dengan pengetahuan orang lain , yaitu dengan proses asimilasi dan akomodasi
3.     Mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks
Cth : teori behavioristik skinner menerangkan mengapa setiap orang berbeda beda dalam merespons sesuatu
4.    Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
Cth: mulanya pengetahuan hanya dibedakan menjadi dua yaitu verbal dan nonverbal, tetapi dengan teori gagne , kita mengetahui bahwa ada 5 macam kemampuan .
5.    Bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa
Cth : teori-teori behaviorisme menjelaskan mengapa suatu perilaku dapat muncul dan menjadi trait pada diri seseorang
Hubungan tabel 1.2 dengan gambar 1.1
Belajar merupakan dasar untuk kemajuan masyarakat dimasa depan. Pada dasarnya fungsi umum teori belajar berkaitan dengan perspektif psikologis tentang faktor-faktor utama dalam belajar.
Teori-teori belajar pun tak kan pernah lepas dari aspek-aspek psikologis. Teori-teori tersebutlah yang membantu kita untuk mengetahui bagaimana proses belajar sesungguhnya, hingga memunculkan sebuah perilaku. Dengan perspektif psikologis tentang faktor utama, kita dapat menegakkan sebuah perilaku, apakah dia berasal dari lingkungan ataukah karna kondisi lain.
Perspektif psikologis menggunakan teori psikologis yang berkaitan dengan belajar, sehingga dengan bantuan perspektif psikologis kita dapat mempraktekkan proses belajar yang bagaimana yang cocok dengan suatu iklim belajar. Perspektif psikologis tentang faktor utama belajar juga mengajarkan kita bagaimana cara mengubah suatu perilaku yang kurang baik menjadi baik. Oleh karena itu dengan teori belajar yang didapat dari perspektif psikologis kita dapat mengaplikasikan teori-teori tersebut kedalam dunia belajar. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar