Tabel 1.2
halaman 13
Fungsi umum
teori belajar
1.
Sebagai
kerangka riset
Cth: social
learning theory bandura menjadi basis utama untuk kerangka riset perilaku anak
agresif
2.
Memberikan
kerangka organisasi untuk item informasi
Cth : teori kognitif piaget
menjelaskan mengapa pengetahuan seseorang berbeda dengan pengetahuan orang lain
, yaitu dengan proses asimilasi dan akomodasi
3.
Mengidentifikasi
sifat dari peristiwa yang kompleks
Cth : teori behavioristik skinner
menerangkan mengapa setiap orang berbeda beda dalam merespons sesuatu
4.
Mereorganisasi
pengalaman sebelumnya
Cth: mulanya pengetahuan hanya
dibedakan menjadi dua yaitu verbal dan nonverbal, tetapi dengan teori gagne ,
kita mengetahui bahwa ada 5 macam kemampuan .
5.
Bertindak
sebagai penjelasan kerja dari peristiwa
Cth : teori-teori behaviorisme
menjelaskan mengapa suatu perilaku dapat muncul dan menjadi trait pada diri
seseorang
Hubungan
tabel 1.2 dengan gambar 1.1
Belajar
merupakan dasar untuk kemajuan masyarakat dimasa depan. Pada dasarnya fungsi
umum teori belajar berkaitan dengan perspektif psikologis tentang faktor-faktor
utama dalam belajar.
Teori-teori
belajar pun tak kan pernah lepas dari aspek-aspek psikologis. Teori-teori
tersebutlah yang membantu kita untuk mengetahui bagaimana proses belajar
sesungguhnya, hingga memunculkan sebuah perilaku. Dengan perspektif psikologis
tentang faktor utama, kita dapat menegakkan sebuah perilaku, apakah dia berasal
dari lingkungan ataukah karna kondisi lain.
Perspektif
psikologis menggunakan teori psikologis yang berkaitan dengan belajar, sehingga
dengan bantuan perspektif psikologis kita dapat mempraktekkan proses belajar
yang bagaimana yang cocok dengan suatu iklim belajar. Perspektif psikologis
tentang faktor utama belajar juga mengajarkan kita bagaimana cara mengubah
suatu perilaku yang kurang baik menjadi baik. Oleh karena itu dengan teori
belajar yang didapat dari perspektif psikologis kita dapat mengaplikasikan
teori-teori tersebut kedalam dunia belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar