yay!

Senin, 17 September 2012


Mine : Burung bagi saya sewaktu TK adalah Unggas yang bisa terbang tetapi suatu ketika guru saya di sekolah mengatakan bahwa pinguin merupakan salah satu jenis burung yang tinggal dikutub utara dan tidak bisa terbang seperti burung lainnya.

Pembahasan dengan teori :
Sesuai dengan teori yang dikatakan oleh Piaget bahwa manusia mempunyai skema masing-masing terhadap suatu hal yang dia lihat,pikirkan,dan rasakan. Skema saya pada pengalaman tersebut adalah bahwa ‘semua burung bisa terbang’ . Namun skema untuk mencapai ‘ekuilibrium’ dapat melewati proses asimilasi maupun akomodasi. Pada pengalaman kecil saya tersebut proses akomodasi terlihat begitu nyata. Hal itu ditunjukkan dengan perubahan skema saya tentang apa itu burung. Ternyata saya belajar bahwa burung tidak selalu harus unggas yang bisa terbang. Pengalaman saya tersebut merupakan sebuah proses nyata dari Akomodasi.  Akomodasi sendiri adalah penyesuaian yang melibatkan pengubahan skema akibat adanya informasi baru yang tidak sesuai dengan skema yang sudah ada.

                            Juli Theresia         09-072
                            Serefhy Meilani    09-081

Hasil Diskusi kelompok:
Piaget mengatakan proses interaksi dengan lingkungan menghasilkan skema. Skema merupakan pengetahuan kita tentang suatu hal atau peristiwa. Hal itu didapatkan melalui pengalaman, baik postif maupun negatif. Piaget membagi skema menjadi 2 : asimilasi dan akomodasi.

1   * Asimilasi adalah proses menambahkan informasi baru ke dalam skema yang sudah ada.   
* * Akomodasi adalah penyesuaian yang melibatkan pengubahan skema akibat adanya informasi baru yang tidak sesuai dengan skema yang sudah ada. Dalam proses ini dapat pula terjadi pemunculan skema yang baru sama sekali

Sesuai dengan teori piaget bahwa skema individu akan mengalami equlibrium yaitu keadaan seimbang antara kognisi dengan lingkungan yang didapat dari proses asimilasi dan akomodasi.

Dari masing-masing pengalaman kelompok, hal yang terjadi merupakan bukti nyata dari proses akomodasi. Hal itu membuktikan bahwa teori piaget benar adanya dan semua individu pasti akan mengalaminya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar