yay!

Minggu, 05 Mei 2013


LAPORAN TUGAS PEDAGOGI KELOMPOK 2

Serefhy  Meilani           09-081

ü  Tema
Mari berkreasi! J

ü  Simpulan Hasil Observasi
Pada awalnya kami ingin melakukan kegiatan menggosok gigi dan cuci tangan bersama di sebuah TK. Tetapi setelah kami melakukan preliminary research, hasilnya adalah ketidaktersediaan waktu murid-murid dikarenakan ketika pulang sekolah bisanya orangtua murid langsung menjemput, juga kami melihat bahwa tempat tidak memungkinkan untuk mengadakan kegiatan tersebut sehingga kami memutuskan untuk mencari tempat dan kegiatan lain yang memungkinkan.
Lalu kami mendapat sebuah PAUD yang bernama PAUD NADINE, lalu kami mencoba mengobservasi PAUD tersebut, dan kesimpulan hasil observasi kami adalah tempat tersebut memungkinkan untuk didakan kegiatan yang menarik. Lalu kami mewawancarai pimpinan PAUD tersebut dan mendapat respons positif. Kebetulan PAUD tersebut akan mengikuti lomba menggambar dan mewarnai maka kami mengadakan kegiatan menggambar dan mewarnai bersama.

ü  Perencanaan
a.    Subjek             :        40 orang siswa-siswi PAUD NADINE
b.  Landasan teori
Karna ini mata kuliah pedagogi, kami lebih berfokus pada pendidik kepada muridnya. Kami menerapkan teori tentang hal-hal yang perlu diperhatikan oleh guru untuk membantu siswa dapat berkembang secara baik ,seperti berikut :
1.    Selalu mengharapkan siswa lebih baik dari yang seharusnya  diharapkan oleh siswa itu sendiri
2.    Menekankan hal yang positif, selalu berhati-hati memuji pekerjaan yang baik dari siswanya.
3.    Menunjukkan keramahan dan secara jujur dapat menampakan rasa tidak suka kepada siswa secara dan hati-hati, dan menekankan sedemikian rupa masalah atau gangguan pribadi didepan siswa
4.    Berteman baik dengan siswa, tetapi tidak seperti hubungan siswa dengan siswa
5. Tidak pernah menyerah dalam menghadapi perilaku siswa dan tidak mengkategorikan atau ‘melabeli’ siswa secara permanen.

Lalu kami juga mempraktekkan 10 top kualitas pendidik yang baik seperti :
·         Confidence

·         Patience

·         True compassion for their students

·         Understanding
·          The ability to look at life in a different way and to explain a
topic in a different way
·         Dedication to excellence

·         Unwavering support

·         Willingness to help student achieve

·         Pride in student’s accomplishments

·         Passion for life

c.   Tujuan 
Melatih sensorik motorik, mengembangkan kreatifitas, mengembangkan imajinasi, dll.
d.   Manfaat      
Sensorik motorik berkembang dengan baik, kreatifitas bertambah, imajinasi meluas, dll.
e.    Lokasi                      :         Paud Nadine jl. Asoka 1 lingkungan iv
f.    Waktu                      :         tgl 4 april jam 9 pagi

g.    Perlengkapan/alat bantu
Papan tulis, spidol, buku gambar, krayon,kamera

h.      Perincian biaya                     :          Buku gambar 7 buku x 3000 =   21 000
Susu                50 buah x 3000 = 150 000
Chiki               50 x 2000          = 100 000
Coklat             1 x 15000          =    15 000
total :                                            286000
ü  Pelaksanaan
o   Tahap perkenalan                            
Pada tahap ini kami mencoba untuk melakukan pendekatan. Tahap ini dimulai dengan perkenalan nama kelompok lalu dilanjutkan dengan memanggil nama nama murid berdasarkan absen. Hal itu dilakukan agar kelompok berusaha mengenal mereka lebih dekat dengan mengetahui nama-nama mereka, walaupun tidak dapat menghapal semua secara satu persatu. Tahap ini berlangsung selama 20 menit.
o   Pembagian kertas gambar                 
Kelompok sudah menyiapkan kertas gambar dan sehari sebelum kegiatan ini dilakukan, kelompok sudah meminta tolong kepada pemimpin Paud tersebut agar memberitahukan murid-murid untuk membawa crayon atau pernsil warna masing-masing. Tahap ini berlangsung selama 30 menit.
o   Proses menggambar dan mewarnai             
Kelompok mengerjakan tugas masing-masing, dimana saya (Serefhy) bertugas untuk menggambarkan rumah, pohon, jalan, dan mobil di papan tulis. Teman saya (juli & margareth) bertugas untuk memberikan aba-aba mengenai hal apa yang akan dilakukan oleh murid-murid. Murid-murid ditanyai mengenai gambar apakah yang tertera dipapan tulis dan kemudian diminta untuk meniru gambar tersebut, lalu setelah selesai menggambar, maka murid diminta untuk mewarnainya. Proses ini berlangsung selama 30 menit.
o   Pengumpulan dan pemilihan gambar terbaik        
Setelah proses menggambar dan mewarnai, kelompok mengumpulkan hasil gambar mereka dibantu oleh tim pengajar dari paud tersebut. Setelah itu, kelompok memilih gambar mana yang terbaik dan pantas mendapatkan reward. Satu orang anak bernama Gio terpilih. Gambar yang ia hasilkan out of the box tetapi begitu kreatif, pewarnaan nya juga cukup bagus. Itulah yang menjadi pertimbangan kami memilihnya. Tahap ini berlangsung selama 10 menit.
o   Pembagian Reward                                     
Kami membagikan reward kepada semua anak berupa chiki dan susu kotak. Hal itu kami berikan sebagai bentuk apresiasi kami atas keantusiasan mereka mengikuti kegiatan ini. Tahap ini berlangsung selama 10 menit
o   Games                                                        
Pada preliminary research kami mendapatkan informasi dari hasil wawancara kami bahwa murid-murid Paud tersebut berjumlah 60 orang. Tetapi ketika kegiatan tersebut diadakan, murid-murid yang dapat hadir berjumlah sekita 40 orang. Maka reward yang kami siapkan berlebih, dan kami sepakat untuk membuat games dan bagi siapa yang ikut games tersebut mendapatkan reward. Hal ini berlangsung selama 10 menit.
o   Kata penutup, Foto bersama, Salaman                
Kegiatan kami ditutup dengan kata penutup berupa ucapan terimakasih dan salam perpisahan, lalu dilanjutkan dengan foto bersama sebagai dokumentasi dan dilanjutkan dengan salaman satu persatu dengan guru dan murid.
ü  Laporan Kegiatan (uraian observasi)
Tahap
Objek yang diamati
Hasil observasi
Tahap perkenalan
·         Murid


·         Guru


·         Kelompok
ü  Duduk, Senyum, tertawa, Mengangkat tangan

ü  Duduk

ü  Senyum, suara nyaring, menggerakkan tangan
Pembagian kertas gambar
·         Murid




·         Guru


·         Kelompok
ü  Mengulurkan tangan, tersenyum , tertawa, berjalan, berlari

ü  Tersenyum, tertawa, berjalan

ü  Tersenyum, tertawa, berjalan

Proses menggambar dan mewarnai
·         Murid


·         Guru

·         Kelompok
ü  Berteriak, tersenyum, menunduk

ü  Duduk

ü  Duduk, tersenyum
Pengumpulan dan pemilihan gambar terbaik
·         Murid


·         Guru

·         Kelompok
ü  Berteriak, berbisik, Tertawa

ü  Duduk, Berbisik

ü  Mengerutkan kening, Berbisik, Bersuara
Pembagian Reward      
·         Murid



·         Guru

·         Kelompok
ü  Mengangkat tangan, berteriak, Lipat tangan

ü  Duduk

ü  Berdiri, tersenyum, tertawa
Games
·         Murid



·         Guru

·         Kelompok
ü  Berdiri, mengeluarkan suara, berlari, tersenyum

ü  Duduk, berbisik

ü  Berdiri, tersenyum, berbisik
Kata penutup, Foto bersama, Salaman
·         Murid



·         Guru




·         Kelompok
ü  Duduk, Berdiri, tersenyum, berjabat tangan

ü  Duduk, Berdiri, tersenyum, berjabat tangan


ü  Duduk, Berdiri, tersenyum, berjabat tangan


ü  Hasil Kegiatan (capaian kegiatan )
Hal yang dapat disimpulkan dari kegiatan yang telah dilakukan adalah bahwa anak-anak begitu antusias dengan kegiatan ini. Dari perilaku yang ditunjukkan terlihat bahwa semua anak-anak sibuk dengan gambar mereka masing-masing. Setiap anak mempunyai motivasi yang berbeda-beda dalam mengikuti kegiatan ini, salah satunya mungkin untuk mendapatkan reward rahasia yang diberitahukan diawal. Sebelum dan setelah kegiatan ini anak-anak terlihat begitu senang dengan apresiasi karya mereka dengan pemberian reward yang mereka sukai tentunya. Akhir cerita, dapat dikatakan bahwa kegiatan mencapai tujuan yang hendak dicapai. Anak-anak menyukai kami, kegiatan yang diadakan juga reward yang diberikan.
ü  Evaluasi
Pada awal tugas ini diberikan, kami langsung menyatukan ide. Dan kami pada akhirnya memutuskan untuk mengadakan gosok gigi dan cuci tangan bagi anak TK. Lalu kami mencari tempat yang tepat lalu mengobservasi nya. Ternyata tempat pertama yang kami datangi tidak sesuai baik waktu maupun kondisi tempat. Lalu kami mendapat akses ke salah satu PAUD. Setelah wawancara dan observasi, kami sepakat untuk mengadakan kegiatan menggambar bersama. Kemudahan yang kami dapatkan adalah keterbukaan Paud tersebut dalam menerima kegiatan kami, dan tempat yang juga memungkinkan. Tapi kesulitan atau kendala yang kami dapat adalah karena jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak yakni berjumlah 40 orang. Oleh karena itu, kami kewalahn sehingga membutuhkan bantuan dari tim pendidik Paud tersebut. Akhir cerita menurut evaluasi kami, kegiatan ini cukup berhasil dan baik dan mencapai manfaat dan tujuan yang hendak dicapai.

ü  Dokumentasi



ü   
  Testimoni

Juli      =      Seru, capek, senang, semua jadi satuini menjadi tambahan pengalaman bagi saya, dimana saya bisa mengajar menggambar dan mewarnai untuk anak kecil. Saya ikut merasa senang ketika mereka bisa menirukan atau mengikuti gambar yang sudah kami buat dan juga ketika melihat mereka tertawa saat gambar mereka sudah mereka warnai dengan warna pilihan mereka, saya juga puas ketika saya bisa mengajarkan cara menggambar kepada mereka. Melalui kegiatan ini ,saya dapat mengaplikasikan teori menjadi guru yang baik untuk muridnya, salah satunya saja ketika menjadi guru kita harus terus memotivasi mereka, atau juga dengan mengingat nama mereka ketika didalam kelas. Kegiatan kelompok yang ada di Mata Kuliah ini sangat bermanfaat bagi saya ,baik dalam pengetahuan dan juga pengalaman
Serefhy = Menurut saya tugas ini menarik karena kami langsung mengaplikasikan teori yang ada dibuku. Dan bebas memilih teori sesuai dengan kegiatan yang kami lakukan. Tetapi menurut saya, tugas ini lumayan berat hehehe... Tapi so far so good, and it’s so funny even if it is so tiring hehehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar