yay!

Rabu, 10 Oktober 2012


My creativity based on SKINNER THEORY
Kamis, 10-10-2012 , pada saat mata kuliah Psikologi belajar, Ibu Dina memberikan 3 buah kertas. 2 diantaranya merupakan sertifikat yang diberikan kepada para peserta yang telah menghadiri 2 seminar tentang Hemat listrik dan Cara menjauh dari narkoba. 1 kertas lagi berupa kertas kosong. Ibu dina memberikan waktu 30 menit, dan dengan waktu 30 menit, kami diharuskan membuat sebuah karya dalam bentuk apapun dengan menggunakan 3 hal tersebut. Time is over! Lalu saya menyadari bahwa saya telah membuat suatu karya instan yang walaupun sederhana tapi saya menyukainya dan membuatnya dengan sungguh-sungguh.
Disini terjadi proses belajar. Dimana teori skinner menunjukkan realita bahwa stimulus akan menghasilkan respon. Stimulus yang diberikan adalah 3 buah kertas, dan respon yang saya hasilkan adalah sebuah gambar berbentuk bunga. Pada gambar ini, terdapat tulisan disetiap kelopak bunga.
Tulisan-tulisan tersebut merupakan important points yang menurut saya harus disampaikan jika mengadakan seminar tentang diet media/hemat listrik dan seminar tentang bagaimana menjauhkan diri dari narkoba. Proses pengkondisian pun terjadi dengan memberikan reinforcement.
 Pada hal ini, reinforcement berupa reinforcement positif yaitu pemberian reward kepada 3 hasil karya terbaik. Nah, terbukti bahwa secara sadar ataupun tidak sadar, sehari-hari kita telah melakukan hal-hal yang berbasis teori J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar